SELAMAT DATANG

"Selamat Datang di blog saya, semoga blog ini dapat bermanfaat bagi anda"

Kamis, 31 Januari 2013

Instalasi 1 CPU 2 Monitor Menggunakan BeTwin


Betwin (Menjadi Kembar) adalah perangkat lunak/software yang menjadikan beberapa pengguna/user secara bersamaan dan berdiri sendiri menggunakan resources sebuah komputer yang berjalan pada windows 2000 profesional, windows XP (32 bit) atau Home Edition. Secara sederhana dapat diartikan betwin membuat sebuah komputer bisa digunakan secara bersamaan dan berdiri sendiri dalam menjalankan softwarenya oleh beberapa pengguna, yang sudah saya coba itu sampai 4 (empat user). Instalasinya sangat mudah. Pasang kartu vga yang kedua (bisa pci ataupun pci-e) dan koneksikan ke monitor pengguna kedua.Pasang juga mouse USB, Keyboard USB atau Mouse, Keyboard PS2 namun menggunakan Converter USB to PS2. Setelah hardware terpasang barulah install software betwinnya. Manfaat dari software ini adalah :

1. Mengurangi investasi perangkat
2. Mengurangi biaya upgrade perangkat
3. Menawarkan pemeliharaan dan service yang mudah
4. Menghemat pengeluaran pembelian software original

Spesifikasi Komputer:
Pentium III 450 MHz atau lebih
RAM 192 MB untuk 2 user (masing2 64 MB)
USB Port
Slot PCI atau VGA

Yang harus diperhatikan dalam penggunaan software ini yaitu perangkat vga nya terutama yang memakai slot PCI yang lama. Sering terjadi masalah, vga yang dipasang bentrok atau konflik dengan vga yang lain, misal bentrok dengan vga onboard. Beberapa merk atau type vga yang disarankan yaitu :
ATi Rage 128 Pro
ATi Radeon
NVidia TNT2
NVidia Geforce
S3 Virge 4 MB
ATi Rage Pro 8 MB
dan lain-lain

Setelah semua perangkatnya siap maka langkah selanjutnya adalah instalasi software betwin. Untuk instalasi dan softwarenya dapat di download di sini
Software Betwin Versi Trial
Download 1
Download 2


Untuk Lisensi Software Betwin, dapat anda pergunakan dengan cara download melalui link di bawah ini, dan isikan passwordnya "tekaje" (tanpa tanda petik).
Lisensi


CARA INSTALASI BETWIN
Install Hardware:

1. Pasang VGA PCI terlebih dahulu misal kalo ingin dibuat 3 user berarti 1 vga untuk host (server) dan 2 vga pci buat station (client). Untuk percobaan coba pake 2 user dulu, boleh pake 1 vga agp (onboard) yang station pake vga pci.
2. Setelah dipasang pastikan bahwa 2 vga tersebut tidak bentrok atau konflik. Dapat dilihat di control panel->system information->hardware->device manager->display adapter,kalo jalan harusnya terdapat 2 display adapter. kalau ada yang bentrok/konflik terdapat tanda seru (kuning) pada salah satu display adapter.
3. Anggap vga tidak bentrok, kita cek dulu display dengan cara, kalau dari desktop, klik kanan ->properties->setting->pada display monitor ada 2, 1 vga defaultnya, lebih baik pilih yg agp/onboard sebagai defaultnya. kemudian display yg ke-2 kita klik "extend my windows desktop onto this monitor" untuk melihat hasilnya monitor harus sudah dipasangkan ke vganya. Nanti keliatan background monitor ke-2 sama dengan monitor ke-1.
4. Setelah vga selesai, kita pasangkan keyboar dan mouse yang sudah menggunakan converter usb to ps2. atau kalau ada keyboard usb dan mouse usb kita dapat langsung colokin ke USB computer.
5. Coba lihat di device manager, mouse dan keyboardnya apakah sudah ada 2 atau belum. kalau sudah kita tinggal install program cloningnya aja.


Install software:

1. Jalankan setup.exe untuk install BeTwin 2.0.348
2. Kemudian muncul Configuration Wizard (dicheklist aja) kemudian restart Betwin.
3. ada jendela muncul untuk mendeteksi hardware klik ok
4. ikuti petunjuk yang ada di layar, muncul perintah untuk menekan tombol Enter pada keyboard. Tekan keyboard sesuai petunjuk dilayar, apabila ada printah untukk mengklik mouse pada tombol OK, ikuti saja. setelah selesai muncul jendela yang berisi tulisan "1 station has configure........... maaf lupa lagi tulisannya :D) komputer langsung restart.
6. Setelah direstart klik "Betwin control center" di desktop, kalau ada pilihan Register pilih "Register Later" trus masuk ke "station configuration" -> login configuration. Pilih betwin station 1 trus set loginnya isikan juga password dan cheklist untuk loginnya.
7. Lalu masuk ke menu "User" -> user configuration ->create new account (buat station1), isikan password sama dengan password "login configuration"
8. Tutup / Close Betwin.
9. Masuk ke folder lisensi (di paket download)
10. Copy semua file dalam folder licence ke folder install program misal (C:\Program Files\BeTwin)
11. Masuk ke command prompt (Start ->Accesories->Command Prompt, masuk ke folder c:\program files\betwin
Caranya : cd\ (Enter)
cd\program files\betwin (Enter)

a. Jalankan keygen.exe di command prompt dengan parameter sebagai berikut:
keygen -r
untuk register 2 users
b. keygen -u (NUM diisi angka jumlah user misal 5)
jadi perintahnya seperti ini : keygen -u 5 (Enter)
c. Tutup jendela command prompt
d. kemudian restart komputer
e. coba masuk ke Betwin Controll Center (harusnya jendela register sudah tidak muncul),
Lihat menu help ->About, lihat lisensi dari betwin ada keterangan 1 Host+5 Betwin+5 RDP
f. Kemudian cek ke monitor yang satunya apakah sudah muncul menu login.
g. Apabila tidak muncul kemungkinan karena VGA tidak kuat untuk angkat display. Sehingga disarankan vga pci nya minimal 4 MB. Untuk user yang banyak vga bagusnya beda merk supaya tidak bentrok.
Sumber: http://tekajedotcom.blogspot.com

5 komentar:

  1. Mana linknya? kelihatan banget COPASNYA......

    BalasHapus
  2. kalau pakai laptop yang tdk ada slot pci nya bisa tdk?

    BalasHapus
  3. Selama display bisa extended saya rasa tetap bisa

    BalasHapus
  4. Selama display bisa extended saya rasa tetap bisa

    BalasHapus
  5. Terima Kasih Atas Infonya Gan..
    Izin Share ya

    BalasHapus