SELAMAT DATANG

"Selamat Datang di blog saya, semoga blog ini dapat bermanfaat bagi anda"

29 Maret 2023

Cara Membuka File ISO dengan Aplikasi WinRAR

File ISO adalah format file tunggal yang menampung gambaran data pada disk optik, seperti CD dan DVD, untuk kemudian diduplikasi dan disimpan dalam format digital. Dengan kata lain, ISO adalah format file yang berfungsi untuk mem-backup data pada CD atau DVD ke dalam format digital yang lebih aman. 

Secara lebih sederhana, file ISO adalah data CD atau DVD dalam bentuk file yang nantinya dapat dibaca oleh virtual disk pada komputer, sehingga fungsinya sama seperti Anda menyimpan CD atau DVD dalam komputer yang Anda gunakan.  ISO hampir sama dengan format file .zip, .rar, yang membedakannya dengan kedua format file tersebut adalah cara penggunaan atau pembacaan filenya. Jika format file .zip dan .rar perlu di-extract agar bisa dibaca, file ISO perlu di-burn dari CD atau DVD yang membutuhkan software tertentu. 

File ISO dengan ekstensi *.img dapat dibuka dengan beberapa aplikasi, beberapa diantaranya aplikasi WinRAR, 7-Zip, dan PowerISO.

Berikut dijelaskan cara membuka file ISO menggunakan aplikasi WinRAR:

  1. Buka aplikasi WinRAR
  2. Klik menu Options, dan pilih/klik Settings...
  3. Klik menu Integration (di bagian paling kanan), lalu centang pada format ISO. Kemudian klik OK untuk melanjutkan. Apabila muncul pop-up pemberitahuan klik YES.





  4. Selanjutnya, buka folder dimana file ISO disimpan.
  5. Klik kanan pada file ISO yang akan dibuka/diekstrak, lalu pilih Open atau pilih Open With dan pilih/klik WinRAR archiver


  6. Setelah aplikasi WinRAR terbuka, klik menu icon Extract To, Selanjutnya pilih folder dimana file ISO tersebut akan diekstrak, misalnya di Documents, Drive DATA, atau disesuaikan pada folder lainnya yang akan dijadikan tempat ekstrak.
  7. Klik OK.


  8. Maka file ISO secara otomatis akan diekstrak ke folder yang telah ditentukan tadi.
  9. SELESAI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar