SELAMAT DATANG

"Selamat Datang di blog saya, semoga blog ini dapat bermanfaat bagi anda"

Sabtu, 24 April 2010

Abstraksi : PTK Metode PBLWM di SMAN 2 Binsus Tobelo

(Abstraksi)

Penelitian Tindakan Kelas, Orgenes Tonga, 2009. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Problem-Based Learning With Music (PBLWM) Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Binsus Tobelo Tahun Pelajaran 2008/2009”.

Kata kunci : Logika Matematika, Problem-Based Learning With Music (PBLWM).

Setiap guru berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, secara khususnya mata pelajaran matematika perlu dilakukan dengan metode yang tepat, efektif dan efisien. Salah satu upayanya adalah pemilihan strategi pembelajaran yang penekanannya pada aktivitas belajar siswa dan bukan pada aktifitas mengajar guru. Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya adalah Problem-Based Learning With Music. Dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam penyelesaian soal-soal logika matematika dibanding dengan strategi pembelajaran lainnya, strategi Problem-Based Learning With Music memiliki keunggulan, diantaranya siswa lebih aktif untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal pada pokok bahasan Logika Matematika. (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Logika Matematika. (3) mengetahui dampak metode Problem-Based Learning With Music dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Logika Matematika.
Sedangkan manfaat hasil penelitian diharapkan antara lain bagi siswa: (1) Meningkatkan minat siswa dalam memahami Logika Matematika. (2) Memiliki rasa setia kawan, kerjasama dan tanggung jawab. (3) Memotifasi siswa untuk lebih mantap dalam belajar matematika terutama pada pokok bahasan Logika Matematika. (4) Siswa mengerti akan pentingnya belajar berkelompok. (5) Siswa dapat saling berinteraksi dalam kelompok untuk menyampaikan pendapat atau mendiskusikan setiap soal pada pokok bahasan Logika Matematika. (6) Siswa dapat berfikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah melalui pemberian tugas secara berkelompok. Bagi guru: (1) Mendorong untuk meningkatkan profesionalisme guru. (2) Memperbaiki kinerja guru. (3) Menumbuhkan wawasan berfikir ilmiah. (4) Mempermudah pelaksanaan pembelajaran. Bagi sekolah (1) Hasil pembelajaran sebagai umpan balik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. (2) Meningkatkan kualitas atau mutu sekolah melalui peningkatan prestasi siswa dan kinerja guru.

Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 22 April 2009. penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan tindakan dan tahap refleksi tindakan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan: angket, observasi dan tes prestasi belajar. Untuk penyajian data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dibaca dengan teknik analisis diskriptif.

Pada akhir pelaksanaan tindakan pada setiap siklus terdapat peningkatan rasa senang, semangat, antusias dan keaktifan siswa selama pembelajaran dan hasil pembelajaran disetiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata sebelum diadakan penelitian 46,67, pada siklus I 62,78 dan pada siklus II 85,83 Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem-Based Learning With Music dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Binsus Tobelo Tahun Pelajaran 2008/2009.